PROFITA INDOOR & OUTDOOR ADVRTISING

PROFITA INDOOR & OUTDOOR  ADVRTISING
Terima pesanan pembuatan cuting sticker,neon box,t shirt,roll up banner,car panel,mug,topi dll... Hub Profita/Leonard HP: 081381577322

Minggu, 15 Juni 2008

Billboard, Terlanjur Inovatif Tapak Tak Berbekas


Melayani dan ahli pembuatan printing,paper bag,bill board,souvner,stand pameran,cuting sticker,neon box,t shirt,roll up banner,car panel,mug,topi dll... Hub Profita/Leonard HP: 081381577322 Jl. Pangkalan Jati 1 No:3 Pondok Labu, Jakarta Selatan Phone: 021-7692704 Fax: 021-7669677 email: leonardcakra@yahoo.com
===

Tatkala media cetak maupun elektronik belum banyak hadir di tengah masyarakat, media reklame - demikian sebutan media Outdoor Advertising atau media Out of Home saat ini – banyak orang memanfaatkannya untuk berpromosi.

Layaknya sebuah karya grafiti, kehadirannya digambar saja di tembok, ditempelkan di pohon atau di tiang listrik ala kadarnya.

Seiring perkembangan zaman, media ini mampu bersolek diri menawarkan keistimewaannya pada para penggunanya terus menerus tanpa lelah dan sejarah periklanan modern di Indonesia mencacat media ini mampu meraih 18% dari belanja iklan nasional di tahun 1986. Bergulir dan terus bertumbuh hingga sekarang walau tingkat pencapainnya masih jauh dibawah perolehan media lainnya.

Banyak faktor yang menyebabkan kondisi demikian ini. Hal utama yang selalu menjadi ketergantungan media ini adalah masalah regulasi atau peraturan pemerintah daerah di wilayah manapun media billboard ini didirikan. Pelaku yang terlibat langsung dalam bisnis ini, pemilik-pemilik lokasi, perusahaan pendukung seperti printing dan jasa konstruksi, asuransi serta masyarakat umum selaku target iklan dan perusahaan penggunanya atau pengiklan. Semuanya saling berkaitan sedemikian kompleks yang tak dapat dipisah-pisahkan sehingga tidak hanya tata laksananya saja yang perlu diperhatikan, lebih jauh tata niaganya pun harus dibenahi. Kondisi itu adalah sebuah proses yang perlu dihargai.

Bagaimanapun, Industri Outdoor Advertising ini masih tetap berjalan, bertumbuh dan terus menggeliat. Setidaknya, hal ini dapat dilihat dari upaya para pebisnis dalam melahirkan beragam bentuk baru billboard di Indonesia. Tidak hanya soal jumlahnya yang bertambah, nilai kualitas dari kreativitasnya pun menyertainya. Lebih konseptual dan terlanjur inovatif menuju era outdoor ad campaign yang unik.

Tapak tak berbekas

Proses lain yang perlu dicermati adalah bahwa industri billboard masih sangat jauh dari catatan-catatan survey dan riset oleh para ahli. Selama ini belum ada lembaga riset yang khusus melakukannya untuk itu. Oleh kenyataan tersebut, wajar bila sampai hari ini, belum ada data yang jelas tentang awareness, recall, maupun brand impact suatu produk jika dipasang di papan billboard. Begitu pula, soal pendataan kategori produk yang paling banyak beriklan dan besar bujet yang dikeluarkan pengiklan untuk medium ini. Semuanya tidak tercatat dengan baik sehingga industri ini kehilangan orientasi bisnisnya secara global nasional.

Inilah tugas besar pebisnis di Industri ini sebelum sayap mengepak jauh dalam nuansa membooming. Kesiapan mengenai hal ini jujur saja sangatlah kurang sehingga terabaikan dan berkesan carut marut bak burung terbang, terlanjur inovatif tapak tak berbekas.

Bukankah ini sebuah peluang yang menjanjikan? Baik untuk pengamat, pemain atau bahkan pemula? Industri ini mengundang Anda pengusaha pejuang riset yang berminat menerjuninya dengan peluang yang luas tanpa batas.

0 komentar:

 
3 Columns Blogger Template by Amanda at BloggerBuster